Rabu, 31 Juli 2013

Geliat Situs Desain Kaos di Indonesia

Kaos merupakan salah satu jenis fesyen yang paling fleksibel dan rasanya tidak mungkin mati, people love t-shirts. Pria-wanita, anak kecil-dewasa semua suka memakai kaos, pangsa pasar yang luas tersebut memungkinkan industrinya terus berkembang.
Meningkatnya taraf hidup masyarakat membuka ceruk pasar baru bagi industri kaos. Orang ingin memakai kaos yang berbeda dan bersedia membayar lebih mahal untuk itu, maka muncul lah industri desain kaos. Kita tentu sudah mengenal nama-nama besar seperti Dagadu dan Joger sebagai kaos oleh-oleh khas Jogja dan Bali. Dengan desain dan kata-kata yang unik, kaos-kaos tersebut mampu mencuri perhatian konsumen kaos Indonesia.
Datangnya era internet kembali membuka ceruk pasar yang baru bagi industri kaos Indonesia, yaitu desain kaos online. Yang ingin saya bahas disini adalah kaos yang mengutamakan desain dan dijual secara online. Bukan sekedar punya website, pengisi ceruk pasar ini juga aktif menyapa pelanggannya yang kebanyakan anak muda via social media. Berikut ini adalah beberapa situs yang mengambil ceruk pasar ini:

1. gantibaju.com (@gantibajudotcom)
Internet memungkinkan sebuah situs internet menjadi wadah yang mengumpulkan desain kaos dari banyak desainer di seluruh Indonesia untuk diproduksi menjadi kaos. Inilah yang dilakukan oleh gantibaju.com dengan format kompetisi desain dengan hadiah uang tunai. Karena hasil kompetisi, maka kaos yang dijual oleh gantibaju.com sudah tentu desainnya oke punya. Harga yang ditawarkan tentu diatas harga kaos pasaran, yaitu rata-rata antara Rp 99.000 – Rp 135.000.

2. distrokdri.com (@kdri)
Sama seperti yang dilakukan gantibaju.com, KDRI atau Kementerian Desain Republik Indonesia juga mengadakan kompetisi desain untuk diproduksi menjadi kaos. Tentu desain kaosnya pun oke punya. Harga yang ditawarkan juga diatas harga kaos pasaran, yaitu berkisar antara Rp 100.000 – Rp 120.000.

3. jogist.com (@JOGISTdotcom)
Dengan tagline “Kaos Gila”, Jogist memposisikan diri sebagai kaos khas Jogja dengan kata-kata nyleneh. Beda dengan Dagadu yang merupakan kaos oleh-oleh, Jogist juga aktif menjual secara online dan lewat social media. Desain kaos Jogist sederhana, namun mengandalkan kekuatan kata-kata. Harga yang ditawarkan standar kaos pasaran, yaitu Rp 70.000 – Rp 75.000.
4. tees.co.id (@teesIndonesia)
tees.co.id adalah afiliasi dari gantibaju.com, dibuat karena hasil kompetisi desain yang diadakan gantibaju.com menghasilkan banyak desain keren namun tidak semua bisa menang dan dicetak. Konsep tees.co.id adalah situs dimana setiap orang bisa membuka toko kaos onlinenya sendiri. Pemilik toko cukup membuat desain, urusan customer service, produksi, dan pengiriman semua dilakukan oleh pihak tees.co.id. Pemilik toko bisa menentukan sendiri harga kaosnya, nantinya harga kaos itu akan dipotong Rp 85.000 sebagai biaya kepada tees.co.id dan sisanya menjadi keuntungan pemilik toko. Harga yang ditawarkan bervariasi antara Rp 89.000 – Rp 125.000, yang pasti diatas Rp 85.000 yang menjadi harga modal.

5. kaos101.com (@kaos101com)
kaos101.com adalah situs dimana kita bisa mendesain sendiri kaos yang kita suka dengan mudah. Tidak butuh skill desain untuk bisa membuat desain kaos di situs ini karena sudah disediakan ribuan template gambar dan font yang bisa digunakan, selain itu kita juga bisa unggah gambar sendiri. Dengan tagline “say it with t-shirts”, kaos101.com ingin agar masyarakat bebas memakai kaos yang mengekspresikan dirinya sendiri tanpa dibatasi oleh ketersediaan kaos yang ada di pasaran. Harga yang ditawarkan cukup murah untuk ukuran kaos satuan (bukan produksi massal), hanya Rp 75.000.

Nah, dari berbagai pilihan diatas tergantung selera kita ingin membeli kaos yang mana. Jika mencari yang desainnya keren bisa masuk ke gantibaju.com atau distrokdri.com. Jika ingin bisa menuangkan sendiri ide kita pada kaos yang dipakai alias custom, bisa masuk ke kaos101.com. Semakin banyak pilihan kaos, tentunya yang makin diuntungkan adalah kita sebagai konsumen. Maju terus industri kreatif Indonesia.


Related Posts :