Senin, 12 Agustus 2013

Kaos Jadi Primadona Fashion

Berbicara tentang pakaian casual yang biasa dipergunakan sehari-hari, baik pria maupun wanita, maka kita akan langsung merujuk pada berbagai jenis bahan kaos. Di samping kain yang dipergunakan untuk bahan pakaian tersebut (baca: kaos) terasa nyaman dipakai dan mampu menyerap keringat, tapi juga bahan kaos kini telah berkembang demikian pesat hingga menjadi salah satu primadona dalam dunia fashion di tanah air. Terlebih untuk aktivitas sehari-hari, baik di dalam maupun di luar ruangan, untuk acara santai, semi resmi, bahkan untuk moment-moment special pun kerap kali kaos mempunyai daya pikat tersendiri bagi pemakainya. Sebut saja, partai politik menggunakan media bagi-bagi kaos partainya secara gratis sebagai mesin dalam mengkampanyekan partai atau kandidat partainya agar terpilih dalam pemilu.

Di samping itu beragamnya berbagai jenis bahan dasar kaos dan tingkatan harga yang variatif tentunya menjadikan kaos merupakan bahan pakaian yang paling “merakyat” dan digandrungi oleh semua kalangan. Baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan lansia. Kaos memberikan ruang ekspresi yang begitu besar bagi pemakainya. Bahkan pilihan warna yang beragam dan mode atau style yang kaya menjadikan kaos sebagai satu-satunya jenis bahan pakaian yang paling diminati di seluruh dunia.

Adapun bahan kaos yang bisa kita jumpai sangatlah bermacam-macam. Tergantung kaos tersebut diperlukan untuk pembuatan bahan dasar pakaian untuk tipe apa saja. Misalnya; T-Shirt (kaos oblong); polo T-Shirt (kaos berkerah) ; jaket (jamper, cardigan, hoodie); celana (leggin, short pant, under wear), jilbab (ciput, aneka jenis jilbab berbahan kaos, bergo, bandana); dress; tank top dan sebagainya. Sehingga merujuk pada kebutuhannya, maka disesuaikan pula bahan apa yang diperlukan untuk membuat si pemakai tidak salah dalam mendesain produk fashion. Sehingga alih-alih tampil fashionable dan modis, jika pemilihan bahan tersebut keliru, si pemakai bisa saja menjadi bahan tertawaan orang gara-gara dianggap salah kostum.

Dan beberapa bahan kaos yang dimaksud itu tentunya tidak terbatas pada satu jenis bahan kaos saja, bisa puluhan jenis bahan kaos, seperti; katun, poliester, teteron cotton (TC), kardet, viscose, cotton viscose (CVC), dan hyget. Dan tentunya berbagai jenis tersebut di atas merupakan bahan kaos yang bisa dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya. Sebut saja hyget, bahan ini paling familiar dipergunakan untuk pembuatan kaos sebagai atribut kampanye partai. Atau katun yang biasa dikenal dengan sebutan combed ini mempunyai serat benang yang halus dan lembut. Sehingga sangat cocok jika dipergunakan untuk pakaian sehari-hari. Oleh karenanya, wajar saja jika jenis kain kaos yang satu ini menjadi jenis kain kaos yang paling diminati untuk produk-produk fashion ala distro. Di samping bahannya yang nyaman dan harganya yang sangat bersahabat dengan isi kantong, kain katun ini memiliki beberapa keunggulan, antara lain; warnanya tidak mudah luntur, bahannya lembut dan gampang dicuci, tidak cepat kisut atau kucel, gampang menyerap keringat, dan yang paling digemari ialah kemudahannya untuk disablon. Dan meskipun setiap jenis kain kaos memiliki keunggulan dan kekurangan, namun bahan kain kaos tetap menjadi primadona di pasar. Baik di mall-mall hingga di pasar tradisional.

Oleh : Mayshiza Widya


Related Posts :