Selasa, 10 September 2013

Cermat Membedakan Kaos ORI dan KW

Dewasa ini, konsumen diharapkan lebih cermat dalam memilih barang yang ingin dibeli agar tidak terkecoh membeli barang-barang KW-an. Intensitas barang-barang replika atau KW-an sangat tinggi dan banyak beredar di pasaran, bahkan diperkirakan jumlahnya melebihi dari barang yang ORI atau asli-nya. Kaos sebagai salah satu pasar bidikan untuk produksi barang KW-an tentunya menjadi peluang bisnis bagi para produsen nakal. Terutama untuk kaos-kaos jersey bola yang biasanya selalu dimanfaatkan untuk diproduksi kaos jersey palsu-nya dengan tingkat KW-an yang hampir sama persis dengan aslinya. Saat kita melihat sekilas, kita bisa saja dibuat bingung membedakan mana yang ORI mana dan hasil KW-an.

Kenapa barang KW-an harus diwaspadai? Jelas saja, secara tidak langsung sebagai konsumen kita merasa ditipu karena membeli barang tiruan yang bahkan kualitasnya jauh dari standar. Maka tidak jarang, kaos-kaos KW-an tersebut hanya bertahan beberapa bulan saja, setelah itu akan muncul keburukan barangnya seperti warna cepat pudar, kain mudah robek, ukuran berubah (melar) atau lainnya. Terkecuali dari awal anda memang berniat untuk membeli kaos KW-an tersebut karena tergiur harganya yang murah, rasanya keburukan barang yang anda terima tidak perlu disesali. Sedangkan bagi anda pecinta kaos-kaos orisinal, tidak ada salahnya untuk lebih cermat dan teliti lagi pada saat membeli kaos. Paling tidak, anda akan mendapat kualitas barang sesuai dengan harga yang anda bayar.

Membedakan kaos ORI dan KW-an pada setiap merek kaos sebenarnya berbeda-beda, jadi pada artikel ini penulis mencoba memaparkan perbedaan kaos ORI dengan KW-an dilihat dari sudut pandang secara umum/menyeluruh. Berikut referensi bagi anda untuk dapat membedakan kaos yang ORI dengan kaos KW-an :

  • Dilihat dari harganya

    Faktor harga bisa menjadi dasar dalam membedakannya. Kaos orisinal jelas dibuat dengan ketelitian tinggi dengan bahan yang berkualitas, wajar harganya menjadi mahal dengan rata-rata harga di atas 100 ribu. Sedangkan untuk yang KW-an biasa dijual dengan harga murah, malahan ada yang separuh harga dengan kaos yang orisinal, sesuai dengan kualitas barangnya. Jika anda mendapati perbedaan harga dengan terpaut sangat jauh mencolok maka anda bisa dengan gampang untuk membedakannya. Tetapi ada juga barang KW-an dijual dengan harga mahal agar pembeli tidak begitu curiga. Menanggapi permasalahan itu, sebelum membeli ada baiknya anda mencari informasi harga barang orisinalnya terlebih dahulu.

  • Cek logo atau lambangnya

    Kaos orisinal memiliki logo/lambang kenamaan kaos tersebut : kiddrock, blackangel, petersaydenim, nike dll terletak pada kerah kaos, atau pada bagian bawahnya. Cek ketahanan pada logonya apakah dijahit secara benar atau hanya asal tempel saja. Kaos Kw-an logo/lambangnya terlihat buram dan tulisan kurang jelas.

  • Periksa kualitas bahan kainnya

    Kebanyakan bahan kaos kualitas KW terasa lebih kesat di tangan, kain sedikit berbulu, dan tidak begitu kuat. Jika kaos bersablon cek bagian sablonnya apakah tersablon rapi dan desain yang dihasilkan tidak pecah. Keuntungan dari kaos orisinal kita mendapat kualitas kaos yang mumpuni, rajutan kain rapi sehingga kaos terasa lebih kuat dan nyaman dipakai.

  • Lihat tempat penjualannya

    Bukan bermaksud menimbulkan kesan tidak baik, tapi biasanya kaos-kaos KW-an banyak dijual oleh pedagang-pedagang kaki lima. Karena perlu modal yang besar bagi produsen untuk bisa menjual kaos-kaos ORI, sebab harga dasar dari pabriknya juga tidak murah. Untuk yang kaos ORI sesuai kualitasnya, produsen kaos yang membeli juga akan menyesuaikan dengan tempat yang lebih baik seperti distro, planet surf, toko mewah dengan tujuan menambah keyakinan bagi pembeli bahwa barang-barang yang dijual merupakan barang yang ORI.

Membeli barang yang ORI atau KW-an punya problemnya sendiri. Membeli barang ORI kita harus merogoh kocek sedikit lebih besar demi mendapatkannya, di sisi lain kualitas barang yang kita punya tidak diragukan. Sedangkan untuk barang yang KW-an, mungkin dengan budget yang sama, kita bahkan dapat membeli berbagai barang lainnya dengan jumlah yang besar, tetapi tentunya dengan kualitas yang harus dipertanyakan.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :