Rabu, 13 November 2013

Alasan Mahalnya Harga Kaos Distro

Penamaan terhadap jenis suatu kaos menjadi hal yang lumrah dilakukan, supaya memudahkan konsumen membedakan kaos yang satu dengan lainnya. Penamaan kaos diberikan tidak selalu merujuk kepada perubahan bentuknya saja, tetapi bisa sebagai pembeda kualitas dari kaos tersebut. Sebagai wujud nyata dari penamaan berdasarkan kualitasnya, bisa kita lihat pada kaos distro. Kaos distro sudah tentu sangat familiar di kalangan anak muda. Istilah “distro” merupakan kependekan dari distribution store, yang artinya toko distribusi. Toko-toko ini merupakan penyaluran barang yang dihasilkan oleh clothing company, terkadang dari pabrikan, tetapi barang-barang yang dijual sifatnya terbatas atau diproduksi dalam jumlah sedikit. Itulah sebabnya, barang-barang distro selalu identik dengan harganya yang mahal.

Begitu juga dengan kaosnya, kaos-kaos distro dipandang menjadi kaos yang mewah. Dibandingkan dengan kaos-kaos yang banyak dijual di pedagang kaki lima atau mall, harga kaos distro pun bisa dibilang dua kali lipatnya. Rata-rata satu kaos distro dijual dengan harga 70 ribu ke atas, itupun untuk jenis kaos distro yang biasa. Kaos-kaos distro dengan merek ternama pastinya dijual ratusan ribu per-satuannya.

Harga kaos distro yang mahal tentu punya alasannya :

Pertama, kualitas kaos yang baik. Umumnya kaos-kaos distro diproduksi menggunakan bahan 100% Cotton Combed. Kaos dari bahan ini sangat nyaman dipakai, dingin, menyerap keringat, dan tidak luntur. Kemudian dari ketahanannya juga lebih lama, misalnya pada sablon yang menggunakan bahan cat berkualitas yang tidak mudah pudar. Ketahanannya pun dapat anda bedakan dengan kaos dengan harga murah yang banyak dijual di pasaran.

Kedua, diproduksi terbatas. Jika kita memasuki toko-toko distro, kaos yang dipajang sangat jarang memiliki kesamaan bentuk/desain satu dengan lainnya. Itu artinya, kecil kemungkinan bagi kita untuk bertemu seseorang yang memakai kaos yang sama. Selanjutnya, karena diproduksi secara terbatas itu, otomatis proses pembuatannya akan lebih diperhatikan, tidak asal jadi. Akhirnya, kualitas kaos yang dihasilkannya pun menjadi lebih baik.

Ketiga, desain-desainnya keren dan up to date. Kaos-kaos yang dijual di distro juga selalu mengikuti perkembangan zaman, sesuai selera remaja masa kini, terutama desain-desainnya yang semakin kreatif. Melihat kaos-kaos distro tentu akan memanjakan mata anda melihatnya karena bentuk dan desainnya yang keren. Tak jarang bila kaos-kaos distro selalu menjadi tren setter dunia fashionnya remaja.

Keempat, kesan yang ditimbulkannya. Ini menjadi nilai plus saat memakai kaos distro. Tanpa membohongi diri sendiri, apabila kita memakai barang yang memiliki kualitas baik ditambah harganya yang mahal, tanpa disengaja itu akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri dalam meningkatkan kepercayaan diri kita.

Mahalnya harga kaos distro pada dasarnya berbanding lurus dengan kualitas/mutu kaos tersebut. Toko distro juga tidak akan menjual kaos dengan harga mahal namun kualitas buruk, karena hanya akan merusakkan citra jelek toko distro tersebut di mata konsumen. Jelas, hal itu akan merugikan mereka sendiri.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :