Rabu, 11 Desember 2013

Cara Cerdas Memilih Kaos Untuk Bayi

Kelahiran seorang bayi adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh para orang tua. Bahkan banyak cara yang dilakukan oleh calon ayah dan bunda dalam mempersiapkan kehadiran seorang bayi. Dan biasanya para orang tua membuat daftar perlengkapan calon bayi mereka agar lebih membantu, dan tidak lupa untuk membelinya.

Diantara perlengkapan pokok seorang bayi adalah : perlengkapan tidur, perlengkapan mandi, perlengkapan pakaian, perlengkapan kesehatan. Dan di sini saya akan menyinggung masalah perlengkapan bayi dari segi pakaiannya. Karena pakaian adalah salah satu jenis perlengkapan bayi yang sangat sensitif terutama pada kulit bayi yang baru lahir. Maka dari itu sangat disarankan bagi para orang tua untuk memperhatikan jenis pakaian atau kaos untuk calon bayi. Berikut adalah langkah-langkah dalam memilih perlengkapan pakaian bayi :

  1. Pilihlah pakaian bayi dari pakaian berbahan kaos yang berkualitas.

    Kaos yang berbahan lembut dan nyaman sangat diinginkan oleh para bayi. Bagi para orang tua sebaiknya jangan cepat tergiur oleh pakaian bayi yang sedang diskon besar-besaran. Perhatikanlah kualitas dan tingkat kenyamanannya jika dipakai oleh sang bayi. Sebaiknya pilihlah kaos bayi yang benar-benar memiliki standar sertifikat pakaian bayi.


  2. Jangan pilih kaos yang berserat.

    Biasanya kulit bayi yang baru lahir itu sangat sensitif terhadap apa-apa saja yang menempel di tubuhnya, termasuk pakaian. Sebaiknya pilih lah pakaian berjenis kaos yang berbahan kain katun. Dan tinggalkanlah kaos yang yang berbahan sintetis. Karena kaos yang berbahan sintetis pada umumnya kasar, panas dipakai dan tidak menyerap keringat, sangat berbeda dengan kaos yang berbahan katun.


  3. Hindari pemakaian kaos yang memiliki banyak aksesori

    Bayi diidentikkan dengan tidur pulasnya. Memang benar waktu bayi dihabiskannya untuk tidur. Karena saat ia terlelap tidur itulah terjadi proses pertumbuhan pada bayi. Maka dari itu pilihlah kaos untuk bayi yang sederhana, longgar dan nyaman. aksesori sangatlah mengganggu tidur bayi, selain itu pemakaian aksesori akan justru membuat kulit bayi iritasi.

  4. Perhatikan kaos yang memiliki banyak kancing

    Kaos bayi yang memiliki banyak kancing dan ritsleting akan sangat berbahaya. Karena bisa jadi tanpa sadar bayi melepas kancing atau ritsleting tersebut dan memasukkannya ke dalam mulut bayi.


  5. Kenali bahan kaos untuk anak yang berbahan dari pure nilon, jeans atau parasut. Karena ini adalah bahan pakaian yang cenderung mengundang gerah. Jika bayi sudah gerah maka akan memungkinkan menimbulkan bakteri pada kulit, sehingga kulit bayi menjadi gatal-gatal.

  6. Pilihlah pakaian bayi sesuai cuaca.

    Seorang ibu sangat dituntut untuk cerdas dalam memilih pakaian untuk bayinya. Cerdas menyesuaikan waktu-waktu yang cocok dalam memakaikan baju untuk putra-putrinya. Sebaiknya ketika cuaca sedang panas maka hendaklah pakaikan yang dikenakan sejenis kaos yang tipis saja, karena jika cuaca panas maka tubuh mengalami tingkat penguapan yang lebih tinggi. Dan jika cuaca sedang dingin disarankan untuk memakai pakaian jenis kaos yang lebih tebal, supaya bayi jangan sampai menggigil.

Oleh : Ade Sundari
Sumber Gambar & referensi : http://www.bidanku.com,


Related Posts :