Senin, 02 Desember 2013

Cara Menghilangkan Noda/Kotoran pada Kaos

Memakai kaos dalam rutinitas sehari-hari berpotensi akan terkenanya kaos dengan noda/kotoran. Noda yang menempel pada kaos berpengaruh kepada penampilan seseorang, dan juga pandangan orang lain terhadapnya. Dari kebersihan kaos yang dipakai seseorang kita bisa menilai apakah dalam kesehariannya orang tersebut termasuk sosok yang rajin, merawat diri atau malah sebaliknya, ia adalah orang yang malas, tidak pedulian dan penjorok.

Noda yang menempel pada kaos tingkat kebandelannya untuk hilang juga bermacam-macam. Ada yang ringan, sedang, dan berat. Noda ringan dapat dikategorikan seperti debu, daki (kotoran dari tubuh). Untuk noda kategori sedang misalnya kecap, tinta pulpen, lumpur. Sedangkan noda dikategorikan berat seperti terkena minyak solar atau cat air, biasanya noda dengan kategori berat membutuhkan waktu sedikit lama untuk membersihkannya.

Cara membersihkan noda pada kaos sebenarnya gampang, apalagi ketika terkena noda anda langsung membersihkannya seketika itu sebelum nodanya mengering, biasanya noda akan mudah dibersihkan. Sebab di saat noda sudah mengering, kekuatan kotoran pada noda telah menempel dengan kuat di benang kain, sehingga perlu dilakukan penyikatan untuk melenyapkannya.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi noda membandel pada kaos dan anda bisa menyesuaikannya dengan tingkat noda yang menempel di kaos kesayangan anda, berikut penjelasannya :

  • Dengan menggunakan asam cuka

    Asam cuka yang biasa digunakan sebagai penguat rasa makanan, juga dapat menghilangkan noda pada kaos dan berdampak melembutkannya. Caranya yaitu dengan menyemprotkannya pada titik noda di kaos, setelah itu anda gosok dengan bantuan sikat pada noda tersebut. Noda kategori sedang biasanya akan hilang dengan cara ini.

  • Memakai baking soda

    Sama seperti asam cuka, baking soda yang biasanya dipakai sebagai bahan penambah makanan juga ampuh membersihkan noda. Diawali dengan menuangkan dalam air rendaman secukupnya setelah itu masukan kaos di dalamnya, rendam selama 20 menit. Kemudian lakukan penyikatan pada noda yang menempel.

  • Jeruk lemon

    Mencuci kaos dengan campuran air perasan jeruk lemon selain membersihkan noda-noda ringan juga membuat kaos menjadi lebih wangi. Setelah direndam anda hanya tinggal mengucek-nguceknya saja. Tetapi jeruk lemon kurang ampuh membersihkan noda-noda kategori sedang dan berat.

  • Bensin, minyak tanah, dan tinner

    ketiga bahan ini dapat digunakan untuk membersihkan noda-noda berat, seperti terkena minyak atau cat air. Cara penggunaannya, gosok bagian kaos yang terkena noda, dengan salah satu dari ketiga bahan tersebut sampai bersih. Ketika kotoran masih ada yang menempel sedikit lakukan pemaksimalan dengan direndam pakai deterjen.

  • Boraks

    Selama ini boraks dikenal sebagai bahan pengawet, dan pengusir serangga. Di sisi lain juga berfungsi memudarkan noda pada kaos. Oleh karenanya sekarang ini banyak deterjen menggunakan borak sebagai campuran komposisinya. Cara penggunaannya, tidak jauh berbeda dengan yang lain yaitu menuangkan pada air rendaman secukupnya, biarkan selama 20 menit, setelah itu kaos yang terkena noda dapat anda cuci.

Sebenarnya ada banyak lagi bahan-bahan di sekitar kita yang dapat digunakan untuk membersihkan kaos dari noda-noda yang mengganggu. Tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, kita sudah bisa mendapatkan kembali kaos kesayangan kita bersih dari noda-noda yang ada.

Oleh : Roma Doni


Related Posts :