Rabu, 18 Desember 2013

Mengenal Merek Kaos Populer (3): Joger

Jika Bandung terkenal dengan C59, Yogyakarta dengan Dagadu-nya, maka Bali populer dengan kaos ‘Joger’. Ya, siapa yang tidak kenal dengan nama ‘Joger’? Joger merupakan nama merek kaos populer dari Bali. Jika Anda berkunjung ke Bali rasanya belum lengkap jika belum membeli kaos ‘Joger’ ini untuk oleh-oleh sekembalinya dari sana.

Beginilah Semua Berawal

Adalah Joshep Theodorus Wuliandi pencetus usaha kaos joger ini pada tahun 1980. Sudah lama sekali bukan? Bahkan, sebelum kaos ‘Dagadu’ khas Jogja booming, usaha kaos Joger ini sudah lebih dahulu populer sebagai oleh-oleh khas Bali.

Konon, usaha kaos Joger ini dimulai dengan modal hanya 500 ribu saja. Latar belakang pendirian joger ini sangat sederhana sekali, yaitu sebagai bentuk penghargaan Joshep Theodorus Wuliandi terhadap sahabat baiknya -- Gerhard Seeger-- ketika sekolah di Jerman. Ketika itu, Gerhard Seeger memberikan modal usaha sebesar 20 ribu dollar sebagai hadiah pernikahan kepada Joshep Theodorus Wuliandi.

Usaha kaos Joger adalah wujud dari penghargaan tersebut. Singkatan dari nama mereka berdua, --Joshep dan Gerhard—kemudian dijadikan sebagai nama merek usaha kaos yang dikembangkannya, Joger.

Joshep Theodorus Wuliandi, yang kemudian dikenal dengan panggilan Mr. Joger mengembangkan usaha kaosnya dengan modal semangat dan kreativitas yang tinggi. Dua hal ini yang terus dijaganya, sehingga ‘Joger’ tumbuh menjadi salah satu usaha kaos oblong kreatif dan khas di Indonesia. Kreativitasnya dalam meramu kata menjadi dagelan lucu, unik dan menggelitik menjadi mesin kreatif usaha ini. Sehingga tag line ‘Joger – Pabrik Kata Kata’ memang sangat pas dengan usaha kaos ini.

Ciri Khas dan Keunikan Kaos Joger

Joger memiliki tag line yang cukup unik dalam promosinya yaitu: Pabrik Kata Kata. Coba perhatikan foto berikut:


Sumber Foto: duniawisata.master.web.id

Ini menjadi komitmen dari joger untuk menjadikan kekuatan kata-kata sebagai daya tarik utamanya. Kaos Joger memang dikenal cerdas mengolah kata menjadi desain kaos yang unik, nyeleneh sekaligus menggelitik. Sehingga, kekuatan itu membuat siapapun yang melihat dan membaca kata-kata tersebut menjadi tertarik untuk memiliki dan membeli kaosnya.

Kekuatan desain pada kata-kata ini diakui oleh Joshep sebagai pemilik usaha kaos Joger ini. Bahkan, Joshep memberikan perhatian lebih pada usaha untuk menghasilkan kata-kata menarik dalam desain Joger. Ia menargetkan setiap bulan minimal bisa memproduksi satu kata baru untuk kaos Joger.

Adapun ciri khas dan keunikan kata-kata dalam desain kaos Joger, yaitu:

  • Terkesan menipu pembaca, namun hal itu justru membuat pembaca yang ditipu tersenyum.
  • Kata-katanya tidak jarang menyinggung pembaca, namun pada umumnya pembaca justru membenarkan kata-kata tersebut.
  • Unik, lucu dan selalu memicu senyum, sehingga pengguna kaos menjadi lebih percaya diri karena jadi terkesan beda.

Inilah ciri khas dan keunikan kaos joger yang membuat usaha kaos ini terus melaju di tengah-tengah persaingan usaha kaos yang semakin tinggi.

Oleh: Neti Suriana
Sumber:
http://idegilabisnis.blogspot.com/2010/11/mr-joger-sukses-dengan-kaos-kreatifnya.html
http://bisniskaos.com/2012/09/20/kisah-sukses-kaos-joger-dimana-alamat-kaos-joger/


Related Posts :