Rabu, 26 Februari 2014

Menerapkan Art Deco Pada Kaos

Jika anda merasa bosan dengan kaos-kaos yang dijual di pasar yang sangat pasaran dan ingin membuat kaos terlihat lebih menarik serta terkesan unik, maka anda dapat menerapkan Seni Art Deco ke kaos. Kaos akan terlihat unik dari pada kaos-kaos lain pada umumnya.

Art Deco adalah suatu aliran seni yang populer pada awal-awal tahun 1920an. Sampai saat ini Art Deco pun masih dinilai sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan karya seni yang memiliki nilai artistik yang tinggi. Aliran seni ini mempengaruhi banyak bidang terutama seni arsitektur.

Aliran seni ini memiliki ciri khas antara lain mengulang objek yang sama atau seamless, mengutamakan simetris, menggunakan pola berbentuk lurus, dan menonjolkan bentuk ornamen Tidak semua ciri-ciri tersebut selalu ada di dalam desain Art Deco. Pada umumnya desain Art Deco memiliki setidak-tidaknya satu ciri khas.

Berikut ini adalah beberapa contoh bentuk desain Art Deco

Pada gambar sebelah kiri, komposisi desain Art Deco menggunakan pola simetris dan menonjolkan bentuk ornamen. Pada gambar tengah, komposisi desain art deco menggunakan komposisi bentuk setengah lingkaran yang diulang-ulang, serta menggunakan pola lurus. Pada gambar sebelah kanan, komposisi desain Art Deco menggunakan teknik seamless atau mengulang objek yang sama.


Sumber : http://www.pinterest.com/pin/282741682828457191/


Sumber: http://blog.newinhomes.com/news/residences-royal-connaught-art-deco/


Sumber : http://www.bradbury.com/osw_740_bronze.html

Salah satu cara termudah menerapkan seni Art Deco adalah dengan menyablon desain Art Deco di muka kaosnya. Kaos akan terlihat unik. Berikut ini adalah contoh kaos dengan desain Art Deco di muka kaosnya.


Ket : Kaos-kaos ini adalah karya desain penulis

Teknik Kombinasi

Selain dengan menerapkan Art Deco sebagai desain di muka kaosnya, anda pun dapat menggunakan desain Art Deco di beberapa bagian kaos seperti lengan kaos atau di bagian kerah. Ini dinamakan teknik kombinasi, karena mengombinasikan beberapa posisi desain Art Deco yang dipasang di bagian tertentu.

Berikut ini adalah gambar kaos dengan desain Art Deco di bagian-bagian tertentu di dalam kaos.


Ket : Kaos-kaos ini adalah karya desain penulis

Pada gambar sebelah kiri, desain Art Deco yang memiliki bentuk dasar setengah lingkaran dipasang di bagian lengan dan bagian tengah muka kaos. Kombinasi desain Art Deco di lengan dan di muka kaos ini akan menghasilkan kesan yang unik dan menarik.

Pada gambar kanan, desain Art Deco, yang memadukan kotak dengan garis, digunakan di bagian badan dan lengan bagian bawah. Kombinasi desain ini menghasilkan kesan unik, menarik, dan cenderung formal.

Ada banyak kombinasi untuk meletakkan di bagian mana desain art deco tersebut. Anda harus melakukan eksperimen agar tata letak desain Art Deco mampu menampilkan kesan yang unik dan menarik.

Beberapa contoh lain menerapkan Art Deco ke kaos

Tentunya masih banyak cara lain untuk menerapkan Art Deco ke dalam kaos Anda selain dengan teknik menggunakan langsung desain Art Deco di muka kaos dan teknik kombinasi di atas. Gambar berikut ini merupakan contoh lain bagaimana menerapkan seni Art Deco ke kaos sehingga kaos terkesan unik dan menarik


Sumber : http://fashionbombdaily.com/2013/09/03/wardrobe-query-beyonces-2013-made-in-america-festival-illustrated-people-art-deco-aztec-print-black-and-white-t-shirt/


Sumber : http://www.zazzle.com/white_elegant_chic_leather_art_deco_cafe_pattern_tshirt-235973494933644703

Semakin anda kreatif maka anda akan menemukan banyak cara bagaimana menerapkan keindahan seni Art Deco ke kaos.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)


Related Posts :