Selasa, 18 Februari 2014

Sejarah Penamaan Kaos Raglan

Tersembunyi satu hal menarik dari salah satu jenis kaos yang ada di pasaran saat ini, dan mungkin kita cukup familiar dengan jenis kaos yang satu ini, yaitu kaos raglan. Kaos yang menonjolkan perbedaan warna pada bagian lengan dengan bagian tubuh ini memiliki sejarah tentang asal muasal dari mana penyematan nama “Raglan” itu diberikan. Memang, diantara jenis kaos lainnya, ada kaos polos, kaos sablon, kaos kerah, penamaan pada semua jenis kaos tersebut menyesuaikan dengan model dan bentuk kaosnya. Berbeda dengan kaos “Raglan” yang bisa dibilang sama sekali tidak menggambarkan isi dari bentuk kaosnya.

Jelas saja demikian, karena nama “Raglan” sendiri diambil dari seorang serdadu Inggris, yang bernama Fitzroy James Henry Somerset sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa di masa hidupnya. Dan nama “Raglan” itu adalah nama dari sebuah desa di inggris, desa di mana Fitzroy James Henry Somerset berasal. Fitzroy james ini dikenal sebagai serdadu yang tidak kenal lelah. Bagaimanapun keadaan yang dialaminya ia tetap melanjutkan perjuangan guna membela negaranya di kala masa peperangan ketika itu.

Misalnya sewaktu terjadi peperangan antara Inggris dengan Prancis. Peperangan yang dikenal dengan perang waterloo ini mengakibatkan Fitzroy james mengalami 5 tusukan luka pada bagian lengan kanannya, hingga akhirnya lengan kanannya harus diamputasi. Namun, walaupun begitu, keadaan itu sama sekali tidak menyurutkan semangat Fitzroy james untuk terus bertempur membela negaranya.



Karena semangat juang yang tinggi tersebut, ia kemudian di percaya memegang salah satu jabatan administrasi di pemerintahan Inggris saat itu, dengan lengan kirinya ia kembali harus beradaptasi untuk bisa menulis guna mengerjakan tugas-tugas pemerintahan. Lagi-lagi ia melakukannya dengan tekun tanpa putus asa dan kenal rasa lelah. Berkat jasa-jasanya yang memberikan kontribusi yang penting bagi negaranya, oleh kerajaan Inggris ia diberi gelar “The 1st Baron of Raglan” atau “Baron dari Raglan”. Istilah Baron merupakan gelar yang diberikan kerajaan Inggris kepada seseorang sebagai bentuk penghormatan atau apresiasi karena dianggap telah melakukan sesuatu hal yang berjasa untuk negara.



Sedangkan model kaos raglan yang kita kenal saat ini, dengan menonjolkan keunikan pada sisi lengannya, konon katanya itu merupakan model pakaian yang dulunya sering dipakai oleh si Fitzroy james ini. Yang mana, Fitzroy james sangat menyukai memakai mantel dengan model jahitan di bagian lengan, yah seperti pada model kaos raglan. Jadi, untuk mengenang jasa-jasanya terdahulu maka dibuatlah jenis pakaian yang modelnya sama persis seperti apa yang yang disukai oleh si Fitzroy james. Dan pakaian tersebut itulah yang kita kenal sekarang dengan sebutan kaos raglan.

Yah, meskipun kaos raglan terlihat cukup simple bentuknya, namun ternyata dibalik itu semua ada cerita menarik yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima Kasih.

Oleh : Roma Doni
Referensi : http://www.mbkaos.com/2012/11/asal-usul-penamaan-kaos-raglan.html
Sumber Photo : Pic 1 : http://rumahproduksiraglan.com/wp-content/uploads/raglan-casual-5.jpg
Pic 2 : http://www.thedignifieddevil.com/pinniped/wp-content/uploads/2013/04/The-Raglan-Shirt.jpg


Related Posts :