Sabtu, 29 Maret 2014

Membuat Desain Grafis Kaos menggunakan Kain Batik

Batik tidak hanya digunakan dapat digunakan secara konvensional saja misalnya dengan dijadikan bahan kemeja. Namun, batik pun dapat digunakan secara non-konvensional misalnya dengan membuat desain grafis untuk dijahit pada kaos.

Pada umumnya, desain grafis kaos menggunakan sablon. Apabila anda ingin desain grafis kaos yang berbeda pada umumnya, anda dapat menggunakan kain batik untuk membuat desain grafis kaos Anda hanya perlu membeli kain batik saja sebanyak yang diperlukan. Kemudian dijahit di kaos anda.

Gambar berikut ini adalah contoh desain grafis kaos yang menggunakan kain batik. Pada kedua gambar ini, kain batik digunting membentuk objek kemudian dijahit pada kaos. Pada gambar pertama, kain batik berwarna merah digunting membentuk objek bunga kemudian dijahit di kaos. Pada gambar kedua, kain batik gelap digunting membentuk objek tengkorak.


Ket : Gambar di atas adalah ilustrasi hasil karya desain penulis

Kaos dengan desain grafis dari kain batik membuat kaos tidak hanya terlihat eksentrik tetapi juga terlihat sangat artistik sekaligus juga memberikan kesan tradisional. Apabila anda ingin berpenampilan eksentrik, artistik, dan juga terkesan tradisional maka anda dapat membuat desain grafis dari kain batik.

Pilih Objek dan motif batik yang anda sukai

Anda tentunya mempunyai objek yang paling anda sukai.Pilihlah objek itu kemudian guntinglah kain batik membentuk objek tersebut. Anda pun tentunya memiliki selera motif batik tertentu, Pilihlah kain batik yang sesuai dengan selera motif anda.

Menggunakan Kain Batik untuk striping kaos

Striping pada umumnya biasa digunakan di kaos berkerah. Gambar berikut ini adalah contohnya :



Striping pun dapat dibuat untuk kaos dengan menggunakan kain batik. Jika anda merasa bosan dengan pola striping yang konvensional, maka anda dapat menggunakan pola yang unik misalnya pola zig-zag. Gambar berikut ini adalah contoh kaos dengan striping dari kain batik yang dijahit pada kaos.


Ket : Gambar Ilustrasi di atas adalah hasil karya desain penulis

Gambar di atas adalah contoh kain batik yang digunting dalam bentuk zig-zag, kemudian dijahit pada kaos. Pola zig-zag pada kain batik membuat kaos terlihat eksentrik, dan dinamis. Selain itu, kaos pun terlihat memiliki kesan tradisional.

Menggunakan Kain Batik untuk Ornamen

Anda pun dapat menggunakan kain batik sebagai ornamen. Anda dapat memasang kain batik, yang sudah digunting dalam bentuk ornamen, ke bagian kaos yang anda inginkan. Memasang ornamen tersebut di beberapa bagian kaos membuat kaos lebih terlihat dinamis.

Gambar berikut ini adalah contoh kaos dengan desain ornamen yang terbuat dari kain batik.


Ket : Gambar Ilustrasi di atas adalah hasil karya desain penulis

Tentunya masih ada banyak cara lain untuk membuat desain grafis kaos menggunakan kain batik. Diperlukan kreativitas yang tinggi. Bila anda memiliki kreativitas lain untuk membuat desain grafis menggunakan kain batik maka tidak ada salahnya ada mewujudkan kreativitas itu

Selamat Mencoba !!

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
http://www.lyst.com/clothing/hugo-boss-stripe-polo-shirt-red/
Gambar hasil karya desain penulis


Related Posts :