Jumat, 21 Maret 2014

Mengubah Foto menjadi Desain Kaos menggunakan Photoshop

Jika anda merasa bosan dengan desain grafis kaos yang ada di pasaran maka anda dapat menggunakan foto yang anda sukai untuk disablon di kaos. Menyablon langsung foto tersebut ke kaos tentunya tidak akan membuat kaos terlihat menarik. Anda harus menggunakan peranti lunak Photoshop untuk mengubah foto menjadi desain grafis yang menarik.

Apabila anda mempunyai foto dalam bentuk soft copy maka anda hanya cukup membukanya di Photoshop untuk dilakukan pengeditan. Apabila anda tidak foto dalam bentuk soft copy, maka anda harus men-scannya terlebih dahulu.

Anda pun dapat menggunakan foto wajah anda untuk diubah menjadi desain grafis kaos yang menarik. Carilah foto-foto yang berkesan cantik jika anda seorang wanita. Carilah foto yang berkesan tampan jika anda adalah pria.

Photoshop adalah peranti lunak buatan Adobe yang memiliki banyak fitur yang beragam. Diantara fitur-fitur yang tersedia di Photoshop, kita dapat menggunakan beberapa fitur untuk mengubah foto menjadi desain grafis kaos yang terlihat menarik.



Penulis menggunakan Photoshop versi CS3. Fitur-fitur yang dapat anda gunakan untuk mengubah foto menjadi desain grafis kaos adalah sebagai berikut :

Fitur Desaturate

Fitur ini mengubah foto menjadi gambar berwarna hitam-putih. Desain grafis kaos dengan warna hitam-putih memiliki kesan artistik dan klasik. Gambar berikut ini adalah contohnya :



Menggunakan fitur desaturate sangat mudah. Bukalah file foto tersebut di Photoshop. Pilih di menu utama, Image -> Adjustment -> Desaturate

Fitur Find Edge

Fitur ini mampu mengubah foto menjadi gambar seperti sketsa goresan pensil Desain grafis kaos dengan bentuk sketsa goresan pensil terlihat sangat artistik dan sangat alami.



Menggunakan fitur ini pun sangat mudah. Bukalah file tersebut di Photoshop. Anda pilih di menu utama, Filter -> Styles -> Find Edges. Setelah itu pilih di menu utama, Image -> Adjustment -> Desaturate

Fitur Sumi-E

Fitur ini mampu mengubah foto menjadi gambar karton. Apabila anda mengatur parameter-parameter efek Sumi-E dengan tepat maka akan menghasilkan gambar karton yang sangat bagus.

Gambar berikut ini adalah contohnya :



Menggunakan fitur Sumi-E sangat mudah. Pilih di menu utama, Filter -> Brush Strokes -> Sumi-E. Aturlah parameter-parameter yang ada sehingga menghasilkan gambar karton yang bagus.

Gambar di bawah ini adalah parameter-paramater efek Sumi-E, ditunjukkan oleh lingkaran merah, yang harus anda atur untuk menghasilkan gambar karton yang bagus.



Kesimpulan

Setiap fitur yang digunakan untuk mengubah foto menjadi desain grafis kaos memberikan kesan yang berbeda-beda.Pilihlah fitur yang menghasilkan desain grafis yang anda sukai.

Anda pun harus memilih foto dengan gambar yang paling anda sukai sehingga anda tidak akan merasa cepat bosan.
Selamat Mencoba!

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber Gambar :
http://blogs.adobe.com/photoshopdotcom/2010/10/photoshop-tips-from-photoshop-fans.html
http://www.fondos7.net/wallpaper/1078/sasaki-nozomi-2010-hd-widescreen.html
http://arayitnum.wordpress.com/2012/07/02/10-pulau-tercantik-di-indonesia/
http://kotak-kota-depok.blogspot.com/2010/09/asri-tapi-tidak-asri.html
Gambar hasil karya desain penulis


Related Posts :