Rabu, 05 Maret 2014

Merawat kaos agar tidak cepat rusak

Banyak orang saat sekarang yang kurang memperhatikan cara bagaimana dalam merawat kaos agar tahan lama. Orang-orang terutama para remaja cenderung lebih bersifat konsumtif yaitu dengan membeli kaos yang baru ke toko-toko, mal atau distro terkemuka daripada harus susah-susah merawatnya. Padahal jika kita rajin merawatnya dengan benar maka kaos-kaos tersebut tidak mudah rusak, lusuh, kian menipis atau sobek. Merek kaos terkenal atau harga kaos yang mahal bukanlah jaminan sepenuhnya tanpa disertai dengan perawatan yang baik.

Ada beberapa langkah agar kaos tidak cepat rusak :

  1. Pakailah kaos dengan teratur

    Kaos yang dipakai di saat cuaca panas atau olah raga tentunya banyak menyerap keringat yang berlebih. Atau kaos yang biasa dipakai untuk memasak, menyapu, mengecat tembok, bekerja di kebun atau ladang tentunya banyak terdapat noda-noda kotoran, maka cucilah dengan segera kaos-kaos tersebut tanpa didiamkan, ditumpuk atau disimpan terlalu lama setelah dipakai.

  2. Pemilahan jenis cucian

    Sebelum kaos itu dicuci yang perlu diperhatikan adalah memisahkan cucian menurut kategorinya masing-masing, cucian disesuaikan dengan jenis bahan, warna, atau jenis noda (jika ada terdapat noda). Janganlah menyatukan antara cucian bernoda dengan yang tidak bernoda.

  3. Tidak selalu menggunakan mesin dalam mencuci

    Mengandalkan mesin dalam mencuci adalah kebiasaan yang kurang baik, meskipun itu dianggap hal yang praktis dan mempercepat proses mencuci. Hal tersebut bisa mengakibatkan kaos lebih cepat melar karena daya tenaga mesin yang sangat kuat begitu pun kaos yang sangat tipis akan mudah sobek atau rusak.

  4. Gunakan detergen sabun dengan teratur

    Gunakanlah detergen, sabun atau pewangi secukupnya, penggunaan detergen berlebih akan menjadikan kaos berbau atau pemakaian zat pemutih yang tidak teratur akan mengakibatkan kaos menjadi pudar dan makin menipis. Hati-hati pula dengan pemakaian zat-zat kimia pembersih yang saat sekarang banyak beredar atau tidak memiliki izin, salah-salah malah bisa merusak.

  5. Perhatikan cara menjemur yang baik

    Ada baiknya kaos yang telah dicuci bersih kita jemur dengan menggunakan hanger atau gantungan. Hal tersebut agar kaos tidak cepat rusak terutama pada bagian leher. Jemurlah kaos tersebut dengan posisi terbalik supaya corak-corak gambar atau warna tetap dalam keadaan terawat.

  6. Menyetrikanya dengan benar

    Dalam menggunakan setrika otomatis terdapat pengaturan panas maka aturlah sesuai dengan jenis bahannya. Pengaturan panas yang berlebih akan berdampak kurang baik terhadap kaos. Apalagi kaos-kaos sablon harus ekstra hati hati karena jika ceroboh akan mengakibatkan sablonan rusak mengelupas, jadi setrikalah pada bagian-bagian tertentu saja.

Cara-cara sederhana di atas kiranya dapat mengubah pola hidup anda yang konsumtif, yang harus bolak balik ke mal, toko, atau distro sebulan sekali karena dirasa kaos yang anda punya di lemari sudah pudar atau dalam kondisi yang kurang layak dipakai karena kelalaian anda dalam memperhatikan perawatan kaos anda. Mulailah dari sekarang anda senantiasa merawat pakaian anda dengan baik karena hal itu bisa menghemat pengeluaran kita. Kaos yang terawat adalah kaos yang hebat tanpa harus bermerek atau mahal.

Oleh : Dodi Budiana


Related Posts :