Senin, 19 Mei 2014

Kaos Indonesia Yang Menembus Pasar Dunia

Tampaknya saya harus mengawali artikel ini dengan menyentuh kata Bandung. Mengapa? karena sebagaimana kita ketahui, kota Bandung bukan hanya salah satu kota terindah di Negeri ini tetapi juga merupakan salah satu kota produsen tekstil terbesar di Indonesia sekaligus menjadi kiblat fashion negara ini. Tapi tahukah kalian bahwa Bandung sang kota kembang juga telah melahirkan brand-brand busana kenamaan kelas dunia?

Berikut ini adalah beberapa brand atau merek kaos yang berasal dari kota Bandung, Indonesia namun sepak terjang mereka mampu menembus pasar dunia. Berikut akan dikupas tujuh merek kaos asal kota Bandung yang merajah hingga beberapa negara di dunia.

1. Peter Says Denim

Siapa yang tidak kenal brand satu ini? Brand yang didirikan oleh Peter Firmansyah pada tahun 2008 lebih dahulu kondang di kalangan musisi-musisi luar negeri. Setelahnya, barulah merek ini turut merajai pasar kaos dalam negeri. Dan memang sang pendiri mengaku banyak menyuplai pakaian-pakaian untuk band-band ternama di negara maju. Baik berupa kaos, jeans, topi dan jaket. Beberapa band internasional yang pernah digandeng PSD seperti Before Their Eyes, Silverstein dan Not Called Jinx mampu mendoktrin para penggemarnya dan mengangkat Peter says denim sejajar dengan brand yang telah terlebih dahulu merajai komunitas musik dunia.

Hanya dalam jangka waktu satu setengah tahun, strategi pemasaran yang digunakan oleh Peter langsung menampakkan hasil. Kini brand buatannya telah tersebar ke berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, Kanada dan beberapa negara Eropa lainnya.



2. Airplane System Clothing

Saking populernya brand ini sampai-sampai dijuluki dedengkotnya kaos distro Bandung. Airplane Systm adalah merek kaos kenamaan yang memulai usahanya sekitar tahun 1998. Memulai usaha benar-benar dari nol, Tubagus Fiki Chikara, pemilik brand ini memulai usaha clothingnya dengan menitipkan baju-baju desainnya ke distro-distro besar yang ada di Bandung sebelum pada akhirnya mampu membuka toko dan dikenal luas oleh pecinta distro nusantara hingga dunia.



3. Black ID

Berangkat dari sebuah komunitas musik yang mencintai komunitasnya namun ingin menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam setiap kehidupan mereka, dari sanalah Black ID lahir. Brand ini mengaku tampil beda dari merek-merek distro lainnya karena menawarkan fashion street wear dengan gaya busana asli Indonesia. Dalam pemasarannya, produk ini cukup unik, mereka menjalin network yang luas hingga melibatkan media di dalamnya. Impian mereka adalah menjadi brand fashion yang diperhitungkan oleh dunia dengan tetap membawa pesan-pesan Indonesia.



4. UNKL347

UNKL347 merupakan salah satu brand kaos yang didirikan atas kebutuhan sekumpulan anak muda yang mencintai dunianya. Pemilik brand ini mulai merasa harus mengembangkan sebuah desain yang mampu melambangkan kecintaan mereka atas musik, skateboard, surfing dan desain. UNKL347 membutuhkan bertahun-tahun untuk menemukan jati diri sebagai sebuah brand fashion. Mulai awal didirikan pada tahun 1996 hingga akhirnya memantapkan nama UNKL347 di penghujung 2006 membuat brand ini semakin kokoh menjadi sebuah brand distro kenamaan. Tak hanya bagi komunitas mereka dan pecinta distro Bandung, namun hingga merajah ke beberapa negara di dunia.



5. Ouval Research

Berdiri pada Juni 1997, Ouval Research adalah sebuah brand yang mengusung tema life style dan street culture. Brand ini merupakan buah dari pemikiran idealis dari seorang founder yang diilhami oleh sebuah perkumpulan skateboard yang ada di kota Bandung. Kemudian dari pemikiran tersebut ia membentuk sebuah merek dan desain yang dapat mencerminkan kreativitas gaya hidup anak muda yang dapat menyentuh lapisan lokal hingga internasional.



6. C59

Perusahaan yang telah ada sejak tahun 1980. C59 adalah sebuah brand kenamaan asal kota kembang yang telah malang melintang di dunia fashion apparel, seperti kaos dan lainnya. Mereka mengusung konsep yang menawarkan jasa produksi dan desain sesuai dengan keinginan pembeli. Jadi, setiap orang dapat mewujudkan ide dan kreativitas kaos mereka dengan menyerahkan pengerjaannya pada perusahaan ini. Hingga saat ini kualitas produk dan layanan menjadi kunci sukses mereka, sehingga mereka mampu melebarkan sayap tidak hanya di kota Bandung namun hingga ke manca negara.



7. Skaters

Dari namanya, agaknya kita tahu apa yang mendasari terbentuknya brand ini. Ya, Skater memang mengkhususkan diri mereka sebagai salah satu kiblat fashion komunitas skateboard lokal maupun internasional. Meski kini Skaters sudah menjadi sebuah brand dengan imej yang diperhitungkan, namun pada awal berdirinya Skaters hanyalah industri rumahan yang atas kerja keras dan usaha pemiliknya, kini mampu menjadi sebuah perusahaan fashion berskala internasional dengan manajemen dan teknologi yang berkualitas.



Demikianlah ketujuh brand atau merek dagang ternama untuk busana kaos yang mendunia yang berasal dari Indonesia tepatnya dari kota Bandung. Sebagai salah satu anak bangsa, sudah sepatutnya kita turut bangga dan mendukung usaha, kerja keras serta kreativitas mereka. Salah satunya yakni dengan turut mengapresiasi, membeli produk mereka bukan malah membajaknya.

Oleh : Tika Dwi
sumber gambar: google.com
sumber: https://www.facebook.com/347unkl/info, http://ouvalresearch.blogspot.com/, http://c59.co.id/factory/?pg=about, http://www.blackidclothing.com/31032010/about/, http://www.theairplanesystm.co/about, http://kaospolosbandung.com/artikel/merk-merk-kaos-dari-bandung-yang-melegenda, http://indonesiaproud.wordpress.com/2010/04/26/peter-firmansyah-lewat-petersaysdenim-menembus-dunia/.


Related Posts :