Selasa, 03 Juni 2014

Membuat Desain Tipografi untuk Desain Kaos

Apabila anda berkunjung ke distro, maka anda akan menemui desain kaos yang berbentuk tipografi. Salah satu jenis desain grafis kaos yang paling banyak ditemui adalah desain tipografi. Desain tipografi yaitu mengukir atau menghias kata-kata atau huruf sehingga tampak menarik. Banyak sekali kaos dengan beragam desain tipografi yang beredar luas di pasaran.

Gambar-gambar berikut ini adalah beberapa contoh kaos dengan desain tipografi yang menarik.



Apabila anda tertarik dan ingin membuat desain tipografi sendiri untuk kaos anda, maka berikut ini adalah langkah-langkahnya

Langkah pertama, menentukan kata-kata atau huruf

Tentukan kata-kata atau huruf. Silakan anda memilih kata-kata atau huruf yang anda sukai. Buatlah kata-kata yang memberikan kesan tertentu. Misalnya kata “ Always Brave”, yang memberikan kesan gagah atau kata “Love” yang memberikan romantis. Anda pun dapat menggunakan huruf tertentu misalnya huruf inisial nama anda.

Langkah kedua, menentukan gaya atau style

Tentukan gaya atau style tipografi. Gaya tipografi harus sesuai dengan makna kata. Misalnya tipografi kata “Love” dengan gaya tipografi romantis. Jika anda menggunakan huruf maka pilihlah gaya tipografi yang mencerminkan jiwa anda misalnya tipografi dengan gaya elegan.

Berikut ini adalah beberapa contoh gambar tipografi dengan beragam macam gaya.



Pada gambar pertama,desain tipografi teks king strike bergaya klasik. Pada gambar kedua, desain tipografi teks La Folic bergaya romantis. Sedangkan pada gambar desain tipografi huruf R pun bergaya klasik.

Carilah contoh gambar gaya tipografi yang sesuai dengan kata-kata atau huruf yang anda sudah tentukan. Carilah contoh gambar tersebut sebanyak mungkin hingga anda mendapat inspirasi untuk membuat desain tipografi.

Langkah ketiga, membuat sketsa dan mendramatisasi tipografi

Ambillah kertas dan pensil lalu buatlah sketsa atau coret-coret desain tipografi anda. Buatlah beberapa variasi misalnya variasi ukiran atau variasi warna. Anda pun dapat menambahkan beberapa objek yang berhubungan dengan kata atau huruf yang anda pilih. Misalnya menambahkan gambar hati di desain tipografi kata “LOVE”.

Dari beberapa variasi yang anda buat ambillah desain tipografi yang menurut anda paling menarik.

Gambar berikut ini adalah contoh satu desain tipografi dengan beragam variasi.



Kedua gambar di atas adalah desain tipografi bergaya romantis dengan variasi letak huruf dan variasi warna.

Langkah keempat, menggunakan piranti lunak

Setelah anda membuat sketsa, lalu gunakanlah piranti lunak. Untuk membuat desain tipografi sangat disarankan menggunakan piranti CorelDraw dan Photoshop. Piranti CorelDraw sangat baik digunakan untuk membuat ukiran dan hiasan untuk desain tipografi. Sedangkan piranti Photoshop sangat baik untuk menampilkan variasi dan beragam warna-warna yang memukau untuk desain tipografi anda.

Langkah kelima, menyablon karya anda pada kaos

Langkah terakhir adalah menyablon hasil karya anda pada kaos. Jika anda tidak ingin membuang waktu dan tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar, maka anda dapat menggunakan kertas transfer sablon. Gunakan kertas ini untuk menyablon hasil karya anda pada kaos.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
http://psd.fanextra.com/articles/30-stylish-typography-t-shirts/
http://vi.sualize.us/ffffound_custom_logos_lettercult_typography_hand_drawn_sketch_graphic_picture_3UMX.html
http://whimsyandgraceblog.com/blog?offset=1346390254000
http://www.etsy.com/market/font_typography
Gambar hasil karya desain penulis


Related Posts :