Rabu, 02 Juli 2014

KAOS BERTEMA UNSUR ETNIK BUDAYA LOKAL

Harus diakui bahwa globalisasi adalah proses westernisasi. Semua hal apa pun akan mengalami proses westernisasi. Termasuk juga kaos. Pada saat ini banyak sekali kaos dengan desain-desain yang kental dengan budaya westernisasi. Jika dibandingkan dengan desain etnik lokal, sangat jarang kaos dengan desain unsur etnik budaya Indonesia misalnya kaos dengan desain alat musik etnik lokal misalnya angklung.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keragaman dan kekayaan budaya. Seiring dengan berjalannya proses globalisasi maka kekayaan budaya Indonesia pun akan semakin terkikis. Orang akan lebih senang memakai kaos dengan desain yang kental dengan budaya westernisme daripada desain yang bertema unsur etnik lokal.

Terinspirasi dari situasi tersebut, maka tidak ada salahnya apabila anda menggunakan kaos bertema unsur etnik budaya lokal. Anda dapat menyablon sendiri kaos anda. Ada banyak unsur-unsur etnik lokal yang dapat dijadikan desain kaos misalnya rumah tradisional, alat musik, penduduk asli, atau pun, kuliner tradisional. Dengan demikian, kaos bertema unsure etnik lokal dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menjaga kehidupan kebudayaan lokal dari serangan globalisasi yang semakin hari semakin intens.

Budaya merupakan identitas suatu bangsa. Budaya pun merupakan wujud dari eksisnya suatu bangsa. Dengan menggunakan kaos bertema unsure etnik lokal berarti kita menunjukkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia dan kita eksis sebagai bangsa Indonesia.

Jika anda sebagai produsen kaos, maka tidak ada salahnya pula apabila anda merancang kaos dengan desain tersebut sebagai perwujudan menjaga keragaman dan kekayaan budaya Indonesia.

Gambar berikut ini adalah beberapa contoh kaos dengan desain etnik lokal budaya Indonesia.



Pilihlah objek-objek etnik yang anda sukai

Ada banyak objek etnik yang dapat anda sablon ke kaos anda. Pilihlah objek yang anda sukai. Gunakan objek tersebut dengan sudut pandang yang dramatis. Anda dapat menggunakan kertas transfer sablon untuk menyablon desain tersebut ke kaos anda.

Desain tipografi bernuansa etnik lokal

Jika anda senang dengan desain tipografi, maka tidak ada salahnya apabila anda menggunakan kaos dengan desain tipografi bernuansa etnik lokal. Gambar berikut ini adalah contohnya



Desain Batik

Batik adalah salah satu unsur etnik budaya lokal yang paling populer. Anda pun dapat memilih kaos dengan desain grafis batik. Gambar berikut ini adalah contohnya



Kesimpulan

Budaya merupakan identitas dan wujud dari eksisnya suatu bangsa. Seiring dengan proses globalisasi, budaya Indonesia pun semakin terkikis. Sebagai salah satu upaya untuk mempertahankan keragaman dan kekayaan budaya Indonesia, maka kaos bertema etnik lokal adalah salah satu solusinya.

Dengan memakai kaos tersebut berarti kita eksis sebagai bangsa Indonesia dan menunjukkan identitas kita sebagai bangsa Indonesia.

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
http://203.21.74.22/pdimage/20/1761320_kaos2.jpg
http://www.jogja-batik.com/wp-content/gallery/kaos-wayang-funkzen/pandawa.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_d_sQs1qzHe8/S-obEsEeDpI/AAAAAAAAAbI/s8mGyczKRVQ/s400/kaos-batik-coklat-tua.jpg
http://www.gantibaju.com/files-upload/design/2011/4/23/174218415600.jpg


Related Posts :