Selasa, 01 Juli 2014

Membuat Desain Fraktal untuk Desain Kaos

Di dalam ilmu matematika, fraktal adalah suatu formula untuk menghasilkan suatu objek dengan cara teknik repeating atau mengulang-ulang bentuk. Beberapa objek seperti ranting-ranting pohon atau pun awan pun menggunakan formula fraktal. Desain fraktal tidak hanya terlihat artistik, tetapi juga terlihat sangat eksentrik.

Desain kaos pun dapat berbentuk desain fraktal. Jika anda senang kaos dengan desain fraktal, maka anda dapat menggunakan piranti untuk membuat desain fraktal tersebut. Ada banyak piranti lunak seperti Ultra Fraktal atau pun After Effects untuk membuat desain fraktal tersebut. Silakan anda mempelajari tutorialnya.

Untuk menjadikan desain fraktal menjadi desain kaos diperlukan beberapa teknik tertentu agar desain fraktal matching dengan bentuk kaos. Berikut ini adalah beberapa teknik bagi anda agar anda dapat membuat desain fraktal yang matching dengan bentuk kaos.

Buatlah bentuk desain fraktal dengan bentuk dasar simetris

Desain fraktal yang berbentuk dasar simetris akan membuat kaos lebih terlihat rapi, elegan dan artistik. Bentuk desain fraktal yang simetris sangat cocok dengan bentuk kaos. Sebaliknya, apabila desain fraktal yang tidak simetris dijadikan desain kaos, maka akan membuat mata merasa pusing melihatnya.

Berikut ini adalah contoh kaos dengan desain fraktal simetris.



Gunakan warna-warna secukupnya

Desain fraktal akan semakin terlihat indah apabila menggunakan warna-warna yang beragam. Namun, jika desain fraktal dijadikan desain kaos maka sebaiknya tidak menggunakan banyak warna karena akan membuat mata pusing melihatnya. Gunakan warna-warna secukupnya saja.

Jika anda ingin desain fraktal dengan kesan klasik, maka gunakanlah warna-warna grayscale. Warna-warna grayscale merupakan warna-warna saturasi.

Gambar berikut ini adalah contoh kaos dengan desain fraktal grayscale, yang terlihat klasik.



Gunakan desain fraktal di beberapa bagian kaos

Agar lebih terlihat dinamis, maka anda dapat menggunakan beberapa bagian kaos disablon desain fraktal misalnya di bagian lengan kiri dan lengan kanan. Pilihlah bagian-bagian kaos yang anda suka untuk disablon dengan desain fraktal. Kaos pun tidak hanya terlihat artistik tetapi juga terlihat dinamis.

Berikut ini adalah contoh tersebut



Desain fraktal dalam bentuk tipografi

Desain tipografi dalam bentuk desain fraktal terlihat sangat unik. Jika anda suka dengan desain tipografi dalam bentuk desain fraktal, anda pun dapat menyablon kaos anda dengan desain tipografi yang anda sukai.

Berikut ini adalah contoh kaos dengan desain tipografi dalam bentuk fraktal.



Kesimpulan

Di dalam ilmu matematika, fraktal adalah suatu formula untuk menghasilkan suatu objek. Desain fraktal pun dapat diterapkan menjadi desain kaos dengan sedikit teknik penyesuaian. Jika anda suka dengan desain fraktal maka tidak ada salahnya apabila anda menggunakan kaos dengan desain fraktal karya anda. Penampilan anda pun akan semakin terlihat artistik, elegan,dan eksentrik.
Selamat mencoba !

Oleh : Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar :
http://a1.s6img.com/cdn/0017/v/6209037_5096053-vnkw104_l.jpg
http://fc06.deviantart.net/fs71/i/2011/204/6/6/t_shirt_fraktal_by_protecnika-d41ga6q.png
http://www.geekshirtshq.com/wp-content/uploads/2012/10/Fraktal-Pattern-T-Shirt.jpg?b811fa
http://assets.thecreatorsproject.com/blog_article_images/images/000/024/667/B_detail_em.jpg?1329512530


Related Posts :