Selasa, 06 September 2016

Membuat Desain Kaos yang Memancarkan Kepribadian Pemakainya

Bagi kebanyakan orang, kaos hanya dipandang sebagai pakaian saja. Sesungguhnya, kaos tak hanya sekedar pakaian saja. Kaos pun mencerminkan kepribadiannya pemakainya. Nah, agar kaos memancarkan kepribadian kita yang sesungguhnya, tak ada salahnya mengenakan kaos dengan desain yang mencerminkan kepribadian kita. Bila tertarik mengenakan kaos dengan desain tersebut, berikut langkah praktis membuat desain kaos yang memancarkan kepribadian pemakainya.

Pertama, carilah objek yang mampu mendeskripsikan kepribadian kita

Carilah objek yang sekiranya mampu mendeskripsikan kepribadian kita. Ambil contoh, bagi pria yang memiliki kepribadian macho, kita dapat memilih gambar Motor Harley Davidson ataupun gambar tengkorak. Motor Harley Davidson dan gambar tengkorak sangat kental dengan kesan macho. Contoh lainnya, bagi wanita memiliki kepribadian anggun, dapat memilih gambar bunga. Objek ini sangat kental dengan kesan anggun

Setelah mengetahui objek tersebut, carilah gambar objek tersebut via gooling. Agar gambar lebih terasa ‘hidup’ carilah gambar dengan sudut pandang yang dramatis. Bila kita memiliki kamera DSLR ataupun kamera ponsel kita sangat baik dalam mengambil gambar, carilah objek nyata tersebut lalu memfotonya. Sebelum ‘men-jepretnnya’, carilah sudut pandang yang dramatis. Tujuannya, agar gambar lebih terasa ‘hidup’.


Gambar 1. Gambar Harley Davidson dan Gambar Bunga

Kedua, mendramatisasi gambar

Setelah mendapatkan gambar tersebut, saatnya mendramatisasi gambar dengan menggunakan piranti Photoshop.. Tentu saja, karena piranti ini sangat baik dalam mendramatisasi gambar. Lalu, bagaimana caranya? Pada bagian atas Photoshop, terdapat menu Filter. Pada menu Filter terdapat menu Artistik dan Sketch. Baik menu Artistic maupun Sktech berisi efek-efek yang dapat kita gunakan untuk mendramatisasinya. Pilihah efek yang menghasilkan efek gambar yang kita sukai. Ambil contoh, efek Colored Pencil. Efek ini mampu mengubah gambar foto menjadi gambar pensil warna.


Gambar 2 Mendramatisasi Gambar dengan Photoshop

Ketiga, carilah quote yang ‘matching’ dengan kepribadian kita

Setelah selesai mendramatisasi gambar, carilah quote yang ‘matching’ dengan kepribadian kita. Ambil contoh, bagi pria kita memiliki kepribadian macho, dapat menggunakan quote Fredrich Schiller yang berbunyi “The Strong Man is Stronger When Alone” . Contoh lainnya, bagi wanita memiliki karakter anggun, dapat menggunakan quote Virginia Woolf yang berbunyi “Why Are Woman So Much More Interesting To Men Than Men Are To Woman?”.

Setelah mengetahui quote yang ‘matching’ dengan kepribadian kita, letakkan quote pada bagian kaos tertentu. Misalnya, pada bagian bawah ataupun pada bagian samping. Perpaduan gambar yang mendeskripsikan kepribadian kita dengan quote yang ‘matching’ dengan kepribadian kita, semakin membuat kaos lebih memancarkan kepribadian pemakainya.


Gambar 3. Meletakkan Quote pada Gambar

Keempat, bila gambar terlalu besar,hapus bagian gambar yang tak diperlukan atau hapus bagian gambar tertentu

Carilah gambar pria dan wanita yang memakai kaos polos via googling. Contohnya dapat kita amati pada gambar berikut. Lalu, pindahkan gambar ke bagian muka kaos tersebut. Bila gambar terlalu besar, agar ‘masuk’ ke dalam kaos, hapus bagian gambar yang tak diperlukan. Misalnya, menghapus background gambar. Selain itu, dapat juga menghapus bagian gambar tertentu. Misalnya, bagian sisi gambar.


Gambar 4. Contoh ‘Memasukkan’ Gambar Ke dalam Kaos

Keempat, cetak desain pada kaos dengan menggunakan mesin digital printing

Dibandingkan menggunakan teknik sablon untuk mencetak desain pada kaos, menggunakan mesin digital printing jauh lebih cepat. Karenanya, agar mudah dan praktis, kita dapat mengunjungi tempat yang menerima jasa cetak kaos menggunakan mesin tersebut. Hanya saja, hasil cetakan cenderung mudah luntur. Terutama bila sering terkena air dan keringat.


Gambar 5. Mesin Digital Printing

Demikian, langkah praktis membuat desain yang mencerminkan kepribadian pemiliknya. Nah, tertarik membuatnya? Bila iya, selamat membuatnya dan mengenakannya...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. Gambar Milik Pribadi
2. Gambar Milik Pribadi
3. Gambar Milik Pribadi
4. Gambar Milik Pribadi
5. http://www.dtgprintermachine.com/dtgblog/wp-content/uploads/2013/03/DTG-M4-Above.jpg


Related Posts :