Jumat, 03 Februari 2017

Tips Membuat Desain Kaos Sendiri

Saat ini, di pasaran tersedia pilihan kaos dengan beragam desain grafis. Adanya desain grafis pada kaos menjadikan kaos terlihat lebih menarik. Karenanya, kaos dengan desain grafis yang menarik lebih disukai banyak orang. Terlebih, bagi sebagian besar anak muda. Nah, agar kaos terlihat lebih menarik dan tak terlalu mainstream, kita dapat berkarya membuat desain tersebut. Bila tertarik membuatnya, berikut beberapa tips membuat desain kaos sendiri.

Sebaiknya Tak Langsung Mendesain Dengan Komputer. Mulailah Mendesain dengan Membuat Sketsa Pada Kertas
Umumnya, terlebih bagi bagi desainer pemula, orang akan langsung membuat desain dengan menggunakan komputer. Padahal, dengan mendesain menggunakan tangan, akan lebih leluasa menyalurkan kreativitas dan imajinasi ke dalam desain. Terlebih, bila belum menguasai software desain yang digunakan. Dengan demikian, agar hasil desain kaos lebih menarik, mulailah mendesain dengan membuat sketsa. Setelah selesai membuat sketsa, gunakan software desain untuk ‘memindahkan’ sketsa pada kertas ke layar komputer.


Gambar 1. Mensketsa dengan Pensil


Gambar 2. Contoh Sketsa

Gunakan Piranti CorelDraw, Adobe Ilustrator, Ataupun Adobe Photoshop
Saat ini, tersedia berbagai software (piranti lunak) untuk membuat desain. Dengan adanya software ini, memudahkan kita untuk berkarya membuat desain kaos. Lalu, software apakah yang sebaiknya kita gunakan untuk membuat desain kaos? Gunakan software CorelDraw, Adobe Ilustrator ataupun Adobe Photoshop. Sebabnya, tutorial menggunakan ketiga software tersebut banyak tersedia di YouTube. Bagi yang belum menguasai menggunakan piranti-piranti tersebut, dengan banyak tersedianya tutorial sangat membantu untuk menggunakannya. Selain itu, fitur-fitur dalam ketiga software ini sangat mumpuni untuk membuat desain kaos. Buku-buku terkait cara menggunakan ketiga piranti ini pun relatif mudah ditemukan di toko buku komputer.

Carilah Hal-Hal Baru Terkait Desain Kaos
Bila terdapat banyak hal-hal umum pada desain kaos, desain akan cenderung terlihat begitu mainstream. Karenanya, agar kaos terlihat tak begitu mainstream, carilah hal-hal baru terkait desain kaos. Ambil contoh, dalam hal warna. Kita dapat menggunakan warna pink sebagai warna yang dominan pada desain. Menggunakan warna pink sebagai warna dominan desain cenderung jarang digunakan. Nah, untuk mengetahui hal-hal baru terkait desain kaos, kita dapat mencarinya via internet ataupun membaca majalah fashion.

Mencetak Desain pada Kaos dengan Mesin Digital Printing
Setelah selesai membuat desain, kini saatnya mencetak desain pada kaos. Sangat disarankan mencetak desain pada kaos dengan menggunakan mesin digital printing. Sebabnya, dibandingkan menggunakan teknik sablon konvensional, mencetak desain dengan menggunakan mesin tersebut tak memerlukan waktu yang begitu lama. Setelah desain karya kita dicetak pada kaos. kita dapat langsung mengenakannya.


Gambar 3. Mesin Digital Printing

Demikian, beberapa tips membuat desain kaos sendiri. Nah, tertarik ingin berkarya membuat desain kaos sendiri? Bila ya, selamat berkreativitas dan berkarya membuat desain kaos...

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Sumber gambar:
1. http://pencils.com/wp-content/uploads/2013/07/PR_Palomino_Pencil_Action_187_F.jpg
2. http://img04.deviantart.net/f6dd/i/2007/221/3/9/tattoo_design_in_pencil_by_innatesincerity.jpg
3. http://www.dijitalteknolojiler.com/wp-content/uploads/2010/05/texjetFront.jpg


Related Posts :